Ada beberapa tahap dalam memainkan board game jamrana ini, namun sebelumnya pemain juga harus memahami beberapa kartu yang terdapat dalam boardgame ini. Baiklah kita langsung saja bagaimana cara bermainnya.

  1. Tahap Persiapan

Pertama pisahkan kartu karakter atau kartu warna merah dengan kartu berwarna putih, kemudian kocok kartu sesuai warnanya, lalu bagikan 3 kartu karakter pada masing-masing pemain, kemudian buka kartu skill ditengah-tengah arena, selanjutnya lakukan hompimpa untuk menentukan siapa pemain pertama yang akan memulai permainan, pemain kedua yg bermain adalah pemain yang berada disebelah kanan pemain pertama begitupun untuk seterusnya.

2. Tahap Bermain

Tahapan bermain pemain pertama mencocokkan kartu karakter yang ada di tangan dengan kartu skill yang ada di arena, jika ada yg cocok antara bintang dan warna maka pemain tersebut berhak mengklaim salah satu kartu skill dengan menjawab soal sesuai dengan kode soal yang terdapat pada kartu skill, jika jawaban benar maka kartu skill bisa diambil dan kartu karakter di buang. Namun jika jawaban salah maka kartu tidak bisa di ambil. kemudian ambil lagi kartu skill untuk menganti kartu yang berhasil di klaim oleh pemain. Selain mencocokkan kartu pemain juga bisa mengeluarkan kartu aksi atau mengambil kartu karakter. Hal ini berlaku untuk pemain selanjutnya hingga pemain terakhir.

3. Tahap Penutup

Terdapat 2 skenario untu mengakhiri permainan yaitu skenario pendek, caranya kita menjumlahkan pemain yang ikut bermain  dikalikan 3 atau 4, misal jumlah pemain 4 X 3 maka hasilnya 12, artinya apabila salah satu pemain ada yg sudah mengklaim 12 kartu aksi maka permainan selesai. Skenario panjang, permainan dinyatakan selesai apabila semua kartu skill sudah di klaim oleh seluruh pemain. Jika permainan selesai kartu yang ada ditangan dibuang kecuali kartu prestasi dan kartu gangguan.

4. Tahap Evaluasi

Tahap evaluasi atau tahap dimana kita menentukan pemenangnya dengan cara menjumlahkan semua bintang yang terdapat dalam kartu skill. Jika terdapat kartu prestasi maka point di tambahkan sesuai gambar pada karut prestasi tersebut sedangkan kartu gangguan akan mengurangi point sesuai nilai yang tertera pada gambar kartu tersebut. Pemenangnya adalah pemain yg memiliki nilai tertinggi setelah dijumlahkan semua.