Akhirnya nih info penting buat temen-temen yang udah ngak sabar dan pingin lihat kapan Event JIHW dilaksanakan. Temen-temen juga sudah pasti ingin melihat keseruan bersama teman-teman sebangku, karena di event JIHW ini sebangku sangat beda dari tahun sebelumnya. Sebangku akan mengajak teman-teman bermain board game terbaru yaitu Arkeologis, yang belum tau game arkeologis apa cek ya di artikel sebelumnya. Tidak hanya menghadirkan board game baru yaitu arkeologis, sebangku juga menghadirkan sesuatu yang baru di acara JIHW yang ke-11 ini. Apa itu yang baru di event ini dari sebangku, yaitu VR dan AR. Jadi VR adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Jogja International Heritage Walk atau biasa orang menyebutnya JIHW ini adalah sebuah kegiatan jalan kaki berskala International yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association sebagai Organizing Committe. Dalam event ini tidak hanya berkonsep kesehatan (health), tetapi juga gerakan sadar lingkungan (green evironment), education and communication dan tourism and economy. Melalui penanaman 1000 pohon di lereng Karang Tengan, Bantul, optimalisasi partisipsi siswa sekolah dalam event jalan kaki bersama peserta asing dan pemberdayaan masyarakat setempat termasuk pengembangan UKM-UKM wrga sekitar prambanan dan Imogiri sebagai tempat penyelenggaraan event ini. Event JIHW yang ke-11 ini akan digelar selama 2 hari yaitu pada 16-17 November 2019. Tak hanya berjalan kaki kita juga bisa mengikuti event mulai dari mengupulkan sampah organik hingga berjalan bareng mainan lengendaris dari jepang “Tamiya” dijamin pasti seru. Ketua penyelenggara Fitriani Kuroda mengungkap tahun ini animo peserta meningkat setelah panitia menyuguhkan pengalaman berbeda mulai pelibatan komunitas hingga adanya medali finisher yang baru ada. Menurut dia, hingga hari ini tercatat 250 peserta asing sudah konfirmasi hadir dan lebih dari 2.000 peserta dari seluruh Indonesia.  “Ada rombongan dari Perancis sekitar 60 orang dan dipimpin langsung walikota Santon yang ikut jalan kaki di JIHW nanti. Luar biasa sekali. Total peserta asing tercatat 250 sampai saat ini dari 25 negara seperti Italia, Perancis, Belgia, Korea Selatan, Australia, Sri Langka, Belanda, Jepang, Maroko, Vietnam hingga Laos,” ungkapnya dalam temu pers di Melia Purosani Kamis (7/11/2019). JIHW 2019 berpusat di dua lokasi berbeda yakni Sabtu (16/11/2019) di Kawasan Candi Prambanan dan Minggu (17/11/2019) di Lapangan Desa Wisata Pancoh Turi Sleman.

Buat teman-teman yang datang pada 16 November 2019 di Event JIHW pokoknya jangan lupa mampir ke Stand Sebangku, karena kalian akan banyak mendapat keseruan disana. Tidak hanya keseruan dari board game karena bila kalian beruntung bisa mendapatkan voucher diskon belanja board game sebangku. Selain itu kalian juga bisa berdonasi untuk kaum duafa. Jadi jangan lupa datang ke Stand Sebangku di Event JIHW 16 November 2019